Tips dan Cara Beli Domain Murah

Categories Web Technology
Tips-dan-Cara-Beli-Domain-Murah

Kenapa beli domain murah?

Saya adalah salah satu orang yang lumayan sering beli-beli domain, karena seringnya itulah maka sebagaimana hukum ekonomi, kalau semakin banyak Demand tentunya otomatis harga akan turun. Nah karena seringnya permintaan domain inilah, maka mencari domain dengan harga murah tentunya adalah suatu keharusan, agar terkesan mengikuti hukum ekonomi (gak nyambung ya? hehehe …) Dan dari lumayan usaha pencarian dan pembandingan akhirnya saya menemukan tempat untuk membeli domain murah tapi tentunya nggak murahan. Karena banyak juga kasus beli domain murah di suatu registrar, tapi ternyata registrar tersebut setelah beberapa tahun tutup. Waduh tentunya akan sangat merepotkan dikemudian harinya, bagaimana cara perpanjangan domain jika registarnya tutup. Jadi mencari domain murah memang gampang-gampang susah, sebab kalau kita salah pilih bisa jadi nggak jadi untung yang kita dapatkan, tapi malah buntung.
Berikut adalah tulisan saya tentang cara membeli domain murah dan tips trik untuk mengakali kekurangannya agar menjadi kelebihan, hehehe … Disini akan dibahas hanya 4 registrar saja yang saya anggap bagus. Semoga bermanfaat.

Kenapa TLD .com

Nama domain sudah mempunyai sejarah yang panjang di dunia strategi SEO. Kecuali untuk kasus-kasus tertentu, akan sangat jarang kita menemukan TLD selain .com yang bisa menempati ranking posisi tertinggi di Search Engine. Jadi keputusan untuk memakai domain .com / .net adalah keputusan yang tepat dan terbaik — karena alasan-alasan yang mungkin tidak kita sadari / belum kita ketahui.
Meskipun kita perlu menyadari juga bahwa menjadi page one di halaman Search Engine adalah sesuatu yang komplek, dan bisa mencakup banyak hal, termasuk didalamnya konten dengan kualitas tinggi, penempatan keyword yang tepat, link building, backlink, kecepatan suatu halaman, hosting dan masih banyak lagi. Tapi tetep saja, pemilihan domain .com masih menjadi makanan yang lezat bagi SEO, karena dengan domain .com, sebuah website jadi kelihatan berwibawa, lebih umum dan populer daripada yang lainnya.

Domain Murah TLD .com .net Hanya $0.99

Tidak diragukan lagi bahwa 1and1 adalah tempat favorit bagi ribuan para internet marketer untuk membeli domain. Banyak registrar yang hanya menawarkan diskon / kupon harga murah secara situasional saja, yaitu pada situasi tertentu atau pada event tertentu, misal saat christmas, saat tahun baru dll. Lain halnya di 1and1, untuk pembelian pertama domain .com dan .net hanya dikenakan harga sangat murah yaitu, 99 cent ($0.99 + biaya ICANN fee $0.18) saja di tahun pertama, sedang untuk tahun selanjutnya dikenakan harga normal, sekitar $14.99. Selain harga yang murah juga mendapatkan juga gratisan SLL, gratisan email address, gratisan whois privacy dan unlimited sub domains.
Walaupun harga untuk tahun berikutnya lebih mahal daripada Domain Registrar lainnya yang biasanya sekitaran $9-$13, tapi tetep saja, untuk para pemburu domain offer $0.99 ditahun pertama masih sangat murah dan menggiurkan. Lalu bagaimana mengatasi beban biaya di tahun berikutnya, caranya gampang, tinggal transfer domain saja ke Domain Registrar lain yang masih lumayan murah, seperti Namecheap, GoDaddy atau Namesilo, hehehe …. tentang Registrar lainnya ini akan dijelaskan pada next paragraph.

Tentang 1and1

1and1 didirikan pada tahun 1988, walaupun tidak sekuat Jamu Cap Jago yang sudah berdiri sejak tahun 1918, tapi 1and1 sejak berdiri hingga sekarang masih berkomitmen untuk tetap menjaga Strength (Kekuatan), Reliability (Kehandalan) dan Competitive Pricing (Harga yang Bersaing). Buktinya ketiga komitmen itu masih mereka pegang adalah, 1and1 hingga saat ini telah memiliki 13.5 juta pelanggan dan mengelola hampir 19 juta domain. Selain itu data center 1and1 yang berapa di Kansas telah mendapat pengakuan dari EPA sebagai Green Power Partner, artinya 1and1 telah mendukung pengembangan energi terbarukan dengan penggunaan listrik dengan menggunakan Green Power, yang dapat mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan energi listrik. Dan selain sebagai Domain Registrar, 1and1 juga menawarkan Hosting, Web Building , eCommerce dan Marketing Solution.

Tips Beli Domain di 1and1

Berlaku Untuk User Baru

Domain murah $0.99 ini hanya berlaku untuk pembelian pertama akun baru, jadi kalau mau domain murah terus-terusan, ya akalinnya harus punya dan buat akun baru yang lain dulu. Contohnya jika mau bikin 3 domain .com, otomatis ya harus bikin user baru di 1and1. Memakai IP yang sama dan komputer yang sama bisa lolos.

Teliti Sebelum Membeli

Karena di 1and1 tidak ada keranjang belanja, maka upayakan untuk teliti sebelum membeli, pastikan cek dan ricek harga dulu, terutama jika beli menggunakan paypal, karena pembelian akan langsung terpotong dari rekening paypal.

Hapus Semua Kemungkinan Auto Renewal

Pada saat perpanjangan 1 tahun kedepan, ini harus hati-hati juga. Karena 1and1 lumayan lihai juga mengelabui pelanggan, hehehe …, yaitu dengan sendirinya system 1and1 akan auto renewal pembayaran domain di tahun berikutnya, walaupun kita sudah meng-OFF-kan fitur auto renewal.

Jika pembelian domain menggunakan paypal, bisa coba dicek apakah auto renewal masih aktif di membership paypal kita, dengan cara sbb:

Pertama login ke akun paypal, lalu klik menu Profile lalu menu My Money lalu klik Update kita akan menemukan tampilan spt berikut ini:

Jika status dalam posisi Active berarti auto renewal masih ON, segera Cancel statusnya dengan cara terlebih dulu klik Merchant yang akan dicancel untuk menuju ke halaman Cancel Billing.

 

Transfer Domain

Untuk menghindari pembelian yang lumayan mahal di tahun berikutnya dibandingkan dengan domain registrar lainnya, bisa diakali dengan cara transfer domain. Disarankan, lakukan proses transfer ini sebulan sebelum domain expired. Karena biasanya proses approvalnya membutuhkan waktu juga.

Transfer Domain dari 1and1 ke Namecheap
Transfer Domain dari 1and1 ke Namecheap

Tips Beli Domain di GoDaddy, Namecheap, Namesilo

Untuk registrar GoDaddy, Namecheap atau Namesilo, memang sering memberikan kupon diskon, sehingga memang harus pinter-pinternya kita untuk mencari kupon yang pas atau di waktu yang pas ada promo juga. Jika beruntung kita bisa mendapatkan kupon untuk mengurangi harga aslinya. Biasanya GoDaddy yang sering mengadakan promo tanpa diskon, jadi sebagai alternatif bila tak ingin beli domain di 1and1 SEGERA buka GoDaddy saja, karena mungkin ada penawaran menarik pembelian domain disana.
Selain itu untuk mengakali pencarian kupon kode yang bisa sangat melelahkan, ada trik yang bisa diikuti, yaitu dengan install addons extention chrome: HONEY.

Pertama: Install Chrome Addons nya
Pertama: Install Chrome Addons nya
Kedua: Saat checkout Honey akan otomatis mencari Kupon yang bisa dipakai untuk kita, tinggal klik Appy Coupon.
Kedua: Saat checkout Honey akan otomatis mencari Kupon yang bisa dipakai untuk kita, tinggal klik Appy Coupon.
Ketiga: Yess!! kita mendapatkan diskon lumayan
Ketiga: Yess!! kita mendapatkan diskon lumayan

Tentang GoDaddy

Perusahaan yang berdiri sejak 1997 ini telah menangani lebih dari 10 juta pelanggan dan 5 juta domain. Sama seperti 1and1, GoDaddy saat-saat ini juga menawarkan hal sama ditawarkan oleh 1and1; yaitu: pembelian domain .com hanya akan dikenakan harga $0.99 untuk 2 tahun pertama dan $14.99 di tahun-tahun berikutnya; jadi untuk 2 tahun pertama langsung cuma bayar $1.98. Dulu GoDaddy memang menawarkan diskon untuk renewal domain, tapi saat ini diskon itu hanya situasional saja; tidak tentu. Nah siapa tahu pas pada saat kita sedang proses renewal domain, diskon/promo kode sedang berlaku; hehehehe .. caranya pakai addons chome HONEY yg sudah pernah kita bahas sebelumnya. Nah untuk urusan service lainnya seperti SSL security, email fowarding, whois protection; ini ada biaya charge sendiri di GoDaddy …. yaaahhhh 🙁

Tentang Namecheap

Namecheap lahir di tahun 2000 dan saat ini mengelola lebih dari 3 juta pelanggan dan lebih dari 7 juta domain. Banyak orang membanding-bandingkan antara Namecheap dan GoDaddy. Dan banyak orang juga yang mengunggulkan Namecheap dibandingkan GoDaddy untuk Domain Registrar. Hal yang mendasar sehingga banyak yang mengunggulkan Namecheap adalah harga dan Customer Support. Untuk harga, walaupun GoDaddy terlihat murah di 2 tahun pertama, tapi untuk tahun berikutnya akan dikenakan harga yang tinggi dibanding Namecheap, belum lagi service-service lain yang masih kena charge di GoDaddy. TLD .com di Namecheap dipasang tarif $10.69, dan harga yang sama untuk renewal. Sementara untuk Customer Support, GoDaddy hanya handle customer untuk hari Senin-Jum’at saja, sedangkan di Namecheap 24/7.

Tentang Namesilo

Namesilo adalah satu dari yang terbaik untuk domain registrar, dan bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk tempat membeli domain murah. Untuk domain .com dibanderol dengan harga $8.99 pertahunnya, sangat murah bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya di arrange harga normal. Harga tersebut tidak akan dipermak lagi untuk bulan depan, tahun depan dan tahun tahunnya lagi, alias harganya stabil. Bahkan ICANN fee yang biasanya sekitar $0.18 di Registrar lain; pun tidak ditagihkan oleh Namesilo saat checkout; sekali lagi, alias harganya ya $8.99 itu. Tidak seperti Registrar lain yang mungkin satu tahun pertama murah, tapi untuk tahun berikutnya harganya jauh lebih mahal. Tak hanya harganya yang murah, ada banyak service gratis lagi yang disertakan ketika membeli domain di Namesilo; seperti whois privacy & protection; gratis terus tanpa bayar. Pun cara pembayaran di Namesilo juga sangat bervariatif, kita bisa memakai Bitcoin disini, Skrill, Paypal dll banyak pokoknya. Sementara di registrar lain, hanya support untuk Paypal dan Kartu Kredit saja.

Domain murah dengan ekstensi baru

Ada juga yang beranggapan bahwa domain dengan TLD apapun (selain .com), asal website tersebut dioptimasi dengan baik dan benar (baku banget ya bahasanya, hehehe) maka tetep bisa merajai di SERP. Apalagi sejak google Alphabet membeli domain dengan TLD .xyz (abz.xyz), seakan menguatkan bahwa TLD tidak berpengaruh tanpa optimasi SEO yang baik.
Coba kita ketik di mesin google keyword-keyword berikut “domain extension ranking” “lucra” “barclay”. Page one di google menampilkan domain dengan TLD selain .com bersaing dengan yang lain untuk keyword-keyword tersebut.
Untuk mereka yang sudah nggak sabar mempunyai website online sendiri dan mencari domain dengan harga murah, bisa mencoba beli domain dengan ekstensi domain yang baru-baru saat ini. Misalnya .shop .store untuk website yang berjualan barang-barang online. .city misal untuk membuat website tentang kota tertentu. .art untuk website dengan konten-konten kesenian dan artistik. Dan banyak lagi ekstensi baru lainnya yang bisa kita dapatkan. Dan yang terpenting kita bisa eksis online dengan budget tipis, karena harga domain yang murah. Tinggal cari saja nama domain sesuai kebutuhan.
Domain Extention selain TLD utama ini biasanya memang dijual dengan harga yang murah-murah, coba saja cek di beberapa Registrar yang sudah saya sebutkan diatas, biasanya domain-domain tersebut dijual dengan harga sekitaran $1 ~ $4.

Domain Gratis

Untuk juaranya domain gratis, sudah tidak bisa dibandingkan lagi, apalagi kalau bukan dot.tk. Di dot.tk, bisa didapatkan domain gratis dengan TLD .tk .ml .ga .cf .gq. Nah untuk mereka yang bermain di dunia spam, autoblog, AGC, biasa menggunakan domain gratisan dot.tk untuk membangun websitenya. Karena mereka tidak memikirkan jangka panjang suatu domain, asal mereka mendapatkan trafik ribuan dalam sehari, tak masalah next day domain tersebut disuspend oleh google, di search engine. Para pemain AGC ini dalam sehari bisa membuat puluhan hingga ratusan website dengan domain gratis ini, hehehe… JOSS!!!
Nah untuk yang membangun website untuk bisnis atau untuk membangun brand image, sebaiknya jangan menggunakan dot.tk, sebab banyak kasus, ketika trafik di domain tersebut tinggi, dot.tk secara sepihak mengambil alih domain tersebut, jadinya? kecutttt deh, sudah susah2 membesarkan website domain ternyata nggak bisa dipakai pada akhirnya.

Kesimpulan

Di tahun 2017 ini, kebutuhan untuk eksis di dunia peronlinenan dengan mempunyai website dan domain sendiri kayaknya adalah sebuah keniscayaan (boso uoopooooo iki). Namun, kadang mengeluarkan uang $10 untuk membeli domain bisa sangat memberatkan, sebab kita masih harus berpikir untuk biaya sewa hosting dan lain lain. Karena kebanyakan pikiran jadinya menghalangi kita untuk bisa eksis di dunia peronlinenan, hehehe … Makanya nggak usah ambil pusing, langsung saja cari domain murah dan segera tunjukkan eksistensimu. Bangun website yang bagus, bermutu dan menggiurkan di mata Search Engine. Perlu juga diingat, apakah kebutuhan domain kita adalah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Untuk jangka pendek mungkin GoDaddy dan 1and1 bisa menjadi alternatif, dan untuk jangka panjang beli domain di Namecheap atau Namesilo bisa juga dijadikan satu keputusan, disamping pemilihan TLD extension selain .com yang juga sangat cocok untuk kebutuhan jangka panjang, dengan harga domain yang akan selalu murah di tahun-tahun berikutnya.
Semoga tulisan acak kadul diatas tentang cara beli domain murah bisa sedikit membantu. Semoga Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *